Jumardin: Dana Desa Memiliki Peran Serta Bagi Desa Tertinggal

Konut, Sultra Desa Panggulawu Kecamatan Sawa Kabupaten Konawe Utara (Konut) telah memberikan sejumlah realisasi untuk pembangunan yang dimulai dari dana desa dan ADD. Dalam mengawali karir kepemimpinan selaku kepala desa Panggulawu, Jumardin mencoba menunjukkan dimata masyarakat bentuk transparansi pemerintahan.

Dalam mewujudkan program perdana pertanggungjawaban pengelolaan anggaran dana desa yang bersumber dari pemerintah pusat, maka ia merapatkan seluruh elemen dan para tokoh masyarakat, terkait prioritas pembangunan yang bersentuhan langsung di masyarakat dan wacana pemberdayaan yang dirasakan serta berdampak positif bagi masyarakat setempat.

Adapun skala prioritas yang akan dilakukan dalam pengeloaan anggaran Dana Desa yang bersumber dari pemerintah pusat sebagaimana yang disampaikan Jumardin kepada media online Spirit Sultra saat bertandang di kediamannya, “sebagaimana hasil keputusan masyarakat pada saat kami rapat, bahwa yang kami utamakan adalah jalan penghubung desa sepanjang 644 meter dimana selama ini untuk menuju desa pesisir pantai terkadang harus memutar bila memakai kendaraan, sebab masyarakat desa Panggulawu sebagian berprofesi nelayan dan pencari ikan tawar,“ ungkap Jumardin, belum lama ini.

Dengan adanya Dana Desa yang dikelolah langsung oleh pemerintah desa sebagian desa sudah mulai Nampak adanya peningkatan pembangunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dimana yang tadinya sulit mendapatkan penghasilan yang maksimal yang disebabkan tidak adanya akses jalan Roda empat kelahan persawahan sehingga mereka memakai jasa kendaraan motor ojek yang biayanya lebih tinggi bila dibandingkan bila menggunakan jasa kendaraan roda empat. Selain jalan penghubung desa sebagaimana hasil keputusan masyarakat dan para tokoh saat kami rapat yang kami bangun drainase sepanjang 500 meter talud sepanjang 144 meter, papan informasi (media) 1 unit sementara untuk pemberdayaan kami porsikan kepada Guru PAUD 3 orang perawat dan bidan desa sebanyak 2 orang, TPQ 3 orang dan Pelaksana Kegiatan 2 orang,“

Jumardin merupakan sosok seorang pemimpin yang perlu diacungkan jempol sebab walau masih seumur jagung dilantik oleh Bupati Konawe Utara DR. Ir. H. Ruksamin, ST, M.Si untuk menahkodai desa Panggulawu kecamatan Sawa, Jumardin sudah membuktikan program perdananya yang berdasarkan hasil keputusan bersama dan telah memperlihatkan bentuk pemerintahan yang transparansi sesuai asas demokrasi.

Rudia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX