Ketgam: Prosesi adat Henaukan Moane yang dilakukan oleh Lakina Barata mengguting rambut balita

Pemkab Wakatobi Meriahkan Festival Barata Kahedupa

WAKATOBI, – Pemerintah Kabupaten Wakatobi Meriahkan Festival Barata Kahedupa di lapangan Batanga, Desa Langge, Kecamatan Kaledupa Selatan, Kabupaten Wakatobi.

Untuk ke dua kalinya event Festival Barata Kahedupa digelar, pembukaan Festival ditandai dengan ketukan mic oleh Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiyati Daud serta memberikan sambutan kepada seluruh masyarakat yang hadir, Sabtu (16/9/2017).

Wakil Bupati Ilmiyati Daud saat sambutanya mengatakan, sebelumnya ia memintaaf kepada segenap masyarakat, saat ini Bupati Arhawi tidak menyempatkan diri untuk hadir disebabkan ada urusan yang lain.

Segenap, lanjut sambutannya, masyarakat Kaledupa memiliki perhatian dan tanggung jawab yang baik, kekayaan unsur budaya yang dimiliki untuk tetap dipelihara dan diberdayakan dalam membangun daerah.

Wakatobi merupakan salah satu 10 destinasi pariwisata prioritas nasional, korelasi yang erat dan selaras antara kebijakan pembangunan nasional dan pembangunan daerah menjadi momentum peluang yang berharga, ucapnya.

Event ini sebagai salah satu upaya melestarikan nilai-nilai budaya yang diselenggarakan dengan tema mengembangkan eksistensi Barata Kahedupa.

Ia berharap, segenap pemangku kepentingan, pemerintak kabupaten maupun pemerintahan di dua kecamatan Kaledupa, event ini dapat memberikan konstribusi posistif bagi pertumbuhan pembangunan, tutupnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Panitia Pelaksana Event, Mahmud menyampaikan kepada media saat ditemui mengatakan, kegiatan pembukaan Festival Barata Kahedupa dirangkaikan dengan acara Henauka Moane, yang merupakan prosesi adat Kahedupa.

“Anak laki-laki ditandu dan mengelilingi perkampungan,” tutupnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan kegiataan ini mulai dibuka dengan sambutan Camat Kahedupa Selatan, Safrudin, Ketua DPRD Wakatobi, Muh Ali Tembo, Wakil Bupati Ilmiyati Daud, pembacaan sinopsis oleh panitia, prosesi adat Henauka Moane.

Festival Barata Kahedupa dihadiri oleh, seluruh perangkat daerah Wakatobi, miantuu, tokoh adat, tokoh budaya, tokoh masyarakat dan seluruh tamu undangan.

Laporan: iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX