Direktur Operasional BPR Bahteramas Wakatobi, Asriani Indah (kanan) bersama Camat Wangi-Wangi Selatan, Muhammad Alimuddin ST | Foto: Spiritsultra.com

Bank Bahteramas Wakatobi Kenalkan Produk Unggulan Lewat sosialisasi

Wakatobi- Bank Bahteramas Wakatobi memperkenalkan produk unggulan yang maerupakan salah satu perbankkan daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) diperkenalkan lewat sosialisasi edukasi keuangan dan pengenalan produk yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat Wangi-Wangi Selatan, Kamis (19/10/2017).

kegiatan ini dihadiri Camat Wangi-Wangi Selatan (Wangsel), Muhammad Salimuddin para Kepala Desa Kecamatan setempat serta beberapa pengusaha lokal ikut menjadi peserta.

Camat Wangsel menjabarkan penting sosialisasi pihak perbankan tersebut. Sebab selain memahami sejumlah produk yang nantinya bisa diketahui secara utuh yang akan mempermudah nasabah juga mengetahui perkembangan usia keuangan dan perubahannya.

Salah satu Prodak unggulan disebutkan tentang peredaran uang logam kisaran Rp 100 ribu dan Rp 200 rupiah yang nyaris tidak lagi diterima saat melakukan transaksi jual beli dipasaran maka lewat Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas bahwa uang recehan tersebut masih digunakan dan diterima.

“Sayapun baru tahu setelah diskusi dengan Dirut Bahteramas hanya di Kabupaten Wakatobi uang recehan tidak lagi berlaku. Saya tidak tahu ini pengaruhapa. Tapi pemerintah mengeluarkan uang agar digunakan tapi faktanya di Wakatobi tidak lagi berlaku” ujar Alimuddin.

Direktur Operasional BPR Bahteramas Wakatobi, Asriani Indah menjelaskan isukeuangan terutama menjabarkan satu persatu produk perbankkan yang telah mendapatkan rekor Muri tahun 2011 silam ini atas predikat menjadi bank konvensi terbesar di seluruh Indonesia yang bersifat independen.

“Soal isu keuangan masyarakat penting mengikuti perkembangan keuangan selain itu bagaimana masyarakat mengenal budaya menabung dan animo masyarakat ,” ungkap Indah nama pendek Asriani Indah.

lanjutnya Dikatakan BPR Bahteramas memiliki empat produk, dua produk tabungan Bahterasmart yang lebih dikenal dengan tabungan pendidikan dan diperuntukkan kepada pelajar serta ada tabungan umum yaitu tabungan Bahteramas.

“Prodak tabungan deposito yaitu deposito berjangka. Dimana terbagi menjadi 4 jangka waktu mulai satu bulan suku bunga 5 persen, 3 bulan suku bunga 6 persen, 6 bulan suku bunga 7 persen dan 8 bulan dengan suku bunga 8persen pertahun,” Paparnya.

produk kredit, dimana produk ini berbentuk pinjaman yang diberikan kepada masyarakat dan pengembaliannya berupa pokok dan bunga.

”Kredit ini kami dibandrol suku bunga 18 persen sampai 22 persen pertahun tapi khusus kredit PNS Wakatobi diberikan suku bunga terendah sebesar 18 persen saja,” katanya.

Dari sisi suku bunga diklaim sebagai bank tertinggi memberikan suku bunga terutama pada produk deposito hingga 8 persen pertahun berbeda dengan Bank konvensional lainnya yang menetapkan angka bunga pada kisaran 3,5 dan 4,5 persen. Bahteramas dimudahkan dengan pelayanan fleksibel artinya para nasabah tinggal menelpon pihak PBR.Bahterahmas dan langsung uang tabungan atau kreditnya dijemput ditempat nasabah sendiri. Apalagi Bank yang seluruh pemilik sahamnya pemerintah propinsi hingga pemerintah desa ini telah tergabung menjadi peserta lembaga penjamin simpanan (LPS) maka keraguan nasabahterhadap perBankkan dengan ancaman kolaps atau pailit tidak menjadi masalah serius untuk disikapi.

“Jadi aturan Bank sesuai penjelasan OJKlembaga perbankan atau keuangan harusdiikut sertakan sebagai peserta LPS. Kegunaan apabila terjadi kolaps atau liquidasi terhadap suatu bank, maka nasabah tidak perlu kwaatir karena sudah diasuransikan dananya, dan dana tersebut akan dikembalikan melalui LPS kantor pusat di Jakarta, ” Tutupnya|☆☆

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX