RSUD kota Kendari salah menulis akta kelahiran anak , ORI tegaskan 3 hal agar pelayanan lebih baik

Kendari -Terkait insiden kesalahan penulisan akta kelahiran anak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kota Kendari pekan lalu, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) provinsi Sulawesi Tenggara menegaskan tiga hal agar pelayanan publik lebih baik. Saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (2/11/2017)

Plt. Kepala Perwakilan ORI Prov. Sultra Ahmad Rustan mengungkapkan kejadian yang terjadi di RSUD kota Kendari sebenarnya tidak lepas dari petugas pelayanan di bidang tersebut yang seharusnya sudah memiliki kompetensi terlebih dahulu sehingga tidak menimbulkan masalah.

“Ini ada kaitannya dengan kompetensi penyelenggara yang ditempatkan di bidang pelayanan itu, jangan sampai kita menempatkan petugas-petugas yang tidak memiliki kompetensi di bidang itu kemudian kita paksakan menjadi petugas di situ yang menimbulkan masalah karna orang yang ditempatkan tidak kompoten” ungkap Achmad

Sehingga pihak rumah sakit harus melakukan evaluasi secara menyeluruh, tidak hanya terhadap sistemnya akan tetapi mulai dari sarana dan prasarana harus disiapkan senyaman dan semaksimal mungkin termaksud juga kualitas petugas di semua bidang pelayanan RSUD kota Kendari.

“Pihak rumah sakit dalam hal ini ibu direktur harus melakukan evaluasi secara menyeluruh, bukan hanya terhadap sistemnya tapi termasuk mulai dari sarana prasarana yang harus disiapkan senyaman mungkin termasuk kualitas penyelenggaranya,” tegasnya.

Lanjut Achmad juga menambahkan, hal ini juga harus didukung dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga perhatian kesejahteraan petugas pelayanan baik honor maupun yang sudah bersatus Aparatur Sipil Negara (ASN).

***Ian***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX