SesMenko (Kanan) Bupati wakatobi (Kiri) Bersama membunyikan Gendang saat membuka secara resmi penyelenggaraan Wakatobi wonderful festival (Wakatobi Wave) Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Sabtu (11/11/2017)

SesMenko Maritim Membuka dan Resmikan Wakatobi Wave 2017

Wakatobi- Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (SesMenko Maritim) RI, Agus Purwoto membuka resmi penyelenggaraan Wakatobi Wonderful Festival (Wakatobi Wave) tahun ini, Sabtu (11/11/2017) sekitar pukul 16.37 Wita.Acara spektakuler yang dilaksanakan dilapangan Pangulubelo Kecamatan Wangi-Wangi Selatan ini semula ditargetkan presiden RI Ke-7, Joko Widodo meresmikan secara langsung namun meski batal hadir SesMenko Maritim menyatakan kesiapannya mewakili pemerintah pusat.

“Saya telah melihat sendiri dan akan sayalaporkan bahwa secara serius daerah Kabupaten Wakatobi telah menyelenggarakan festival ini juga telah melaksanakan serangkaian pembangunan yang telah disiapkan. Inshaa Allah seperti yang telah disampaikan bahwa infrastruktur pelabuhan yang menghubungkan antara pulau kebutuhan dan jalur penerbangan nantinya akan bisa membantu melancarkan semua kegiatan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat,” terang Agus Purwoto.

Sesuai penjelasannya, mantan Danlanal Kota Kendari ini memuji penyelenggaraan festival Wakatobi Wavekali ini terutama kesadaran masyarakat yang terus memupuk kebudayaannya sehingga tetap lestari. Hal itu mampu diperlihatkan secara nyata melalui event tahunan Wakatobi Wave dengan kemasan berbeda dari daerah lainnya di Indonesia.

“Sungguh bahwa Wakatobi telah membangun negeri dengan budaya.Tepuk tangan untuk Wakatobi”, Sahutnya sembari menepuk tangan.Disisi lain, pujian darinya ditujukkan kepada keberanian Wakatobi mengusungtema maritim dalam visi-misi daerahnya sementara daerah-daerah lain di Indonesia berdasarkan amatannya tak satupun mengagendakan visi-misi serupa meski agenda besar itu telah masuk dalam bagian nawacita Joko Widodo.

“Kepada Bupati yang kemarin telah menjelaskan telah berani mengatakan sebagai Kabupaten maritim, tidak hanya festival seperti ini dilaksanakan tapi kita juga bisa melihat saudara-saudara kita yang turut serta hadir disini dengan perahu-perahunya. Demikian para raja-raja baik lingkungan nusantara maupun raja-raja negara tetangga, sungguh ini merupakan bagian yang mendukung untuk membangun Wakatobidengan budaya. Inshaa Allah kita akan diridhoi dan kedepan akan dimudahkan,” doanya.

Sekda Kabupaten Wakatobi Muhammad Ilyas Abibu menambahkan perihal batalnya Presiden ke Kabupaten Wakatobi. Kata dia agenda penting kenegaraan menjadi penyebabnya.

“Beliau saat ini berada di Thailand dalam rangka kegiatan APEC. Karena itu kepentingan negara maka Presiden sangat berkepentingan untuk hadir disana. Dan itu kita maklumi dan mudah-mudahan kedepan kita terus upayakan untuk hadir disini,” tutupnya.

Perlu diketahui dalam peresmian SesMenko Maritim, Agus Purwoto bersama-sama Bupati Wakatobi H. Arhawi didampingi Wakilnya, Ketua DPRDProvinsi Sulawesi Tenggara dan Ketua DPRD kabupaten Wakatobi memikul beduk dan disaksikan langsung tamu yang dihadirkan dari berbagai daerah terutama raja-raja nusantara dan raja negara tetangga, Malaysia.|Iyank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX