Dibuat Dengan Kesan Meriah, Ini “Penampakan Wakatobi Wave”

Wakatobi – Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) merupakan salah satu event tahunan yang telah ditetapkan presiden RI Joko Widodo tiga tahun silam. Selama 3 tahun penyelenggaraannya event ini terus mengalami perubahan dan peningkatan terutama penampilan sejumlah item lomba dan atraksi budaya lewat penampilan tari kolosal.

Kali ini bukan hanya jumlah peserta yang mampu dihadirkan 1000 penari namun desain kostum, keragaman khasanah budaya, atraksi serta pertunjukan nampak jelas berbeda.Hal itu menuai pujian sekretaris Mentri Koordinator Bidang kemaritiman, Agus Purwoto ketika memberikan sambutan pada pembukaan festival ini. Sabtu(11/11/2017)

Pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Wakatobi mengemas festival tersebut sesuai tema kemaritiman yang diusung berdasarkan konsep dan visi misi daerah dimana Wakatobi dengan keunggulan sektor pariwisatanya terselip ruang maritim dengan bagian penting bagi kelangsungan hidup masyarakat menggantungkan hidup pada 97 persen daerahnya adalah lautan yang luas.

Agus Purwoto bahkan mengagumi Kabupaten ini sebagai satu-satunya daerah yang berani mengusung tema kemaritiman. Hal itu juga adalah bagian nawacita Presiden RI,Joko Widodo.”Ini baru pertama kali ada Kabupaten yang berani menyatakan sebagai kabupaten Maritim sejak dicanangkan visi pembangunan maritim negara kita”, Sebutnya.

Keberanian Pemda setempat mengemas seluruh event festivalnya bertema kemaritiman ditunjukkan dengan seluruh rangkaian acara. Di Pembukaan misalnya, ada Beach Run 10 kilo meter, lomba foto dengan icon maritim(biota laut dan pendukung) serta sejumlah atraksi budaya nya.

Penampakannya benar-benar wonderful sesuai salah satu kepanjangan kata Wave didalam festival itu. Apalagi seluruh Desa di empat pulau baik Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko ikut dilibatkan mengambil bagian dalam penyelenggaraan kegiatan.

Hingga akhir festival selain diklaim sukses oleh Bupati kabupaten Wakatobi,H.Arhawi terlihat antusias masyarakat dibuat takjub apalagi dirangkai penampilan Band kenamaan, Lyla menggoyang panggung festival yang dibuat menyerupai kapal.|Coly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX