Wakatobi Wonderful Festival 2017 Gelar Panjat Pinang di Laut

WAKATOBI – Wakatobi Wonderful Festival 2017mengadakan lomba panjat pinang di tengah laut pantai Marina. Panjang pinang diperlombakan sebagai rangkaian lomba event tahunan Wakatobi Wonderful Festival (Wafe) 2017 ini mengambiltema kemaritiman sebagaimana tema itu juga diusung dalam serangkaian lomba-lomba serupa seperti lomba lari pantai 10 kilometer (Beach Run 10 K) serta lomba foto di bawah laut.Kabag Publikasi Media dan Protokoler Sekretariat Daerah, Noval mengatakan, bahwa benar-benar unik dan menarik lomba panjat pinang yang satu ini dan diklaim sebagai kompetisi pertama ada di Indonesia panjat pinang diperlombakan dilaut dan hanya ada di KabupatenWakatobi.

“Ini kompetensi panjat pinang pertama diIndonesia karena tidak ada didaerah lain sebelumnya biasanya dilakukan di pinggir pantai, di lapangan atau di pemukiman warga namun ini benar-benar di laut,” ujar Noval, Senin (13/11/2017).Bahkan kemasannya sesuai rencana awal pemerintah daerah (Pemda) ada penanaman pohon pinang di laut, untuk membuat kesan bukan buatan namun alami dengan pohon pinangnya yang benar-benar hidup namun dikhawatirkan tidak akan kokoh tumbuhnya.

“Filosofinya bahwa ini bagian tema kemaritiman, yaitu melakukan aktivitas yang seharusnya dilakukan di darat namun diadakan di laut,” jelas Noval mantan dosen Akademi Bahasa Asing (ABA) Citra Bahari Wakatobi.Noval menyebut, dukungan pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata dianggap cukup, sehingga penyelenggaraan kegiatan Wakatobi Wonderful Festival 2017 dengan beberapa item kegiatan sukses diselenggarakan.

“Jadi panjat pinang ini sudah 3 kali diselenggarakan dan ketiga kalinya dalam event Wakatobi Wave dan tahun ini lebih meriah lagi karena sebelumnya kita hanya mampu fasilitasi dua bagang demikian 2 tahun lalu hanya 1 bagan tapitahun ini kita siapkan 3 bagan dan 9 tiangpancang,” kenangnya.

Untuk peserta lomba selain diikuti oleh siswa sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) juga dibuka untuk umum dengan jumlah keseluruhan 344 peserta.Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daudmembuka lomba panjat pinang sekaligus menyaksikan langsung, didampingi jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Wakatobi. Antusias peserta lomba panjat pinang dan ratusan penonton padati pantai Marina di event Wakatobi Festival 2017. (Colly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX