Camat Wangi-wangi Selatan Buat Draft RKPDesa

WAKATOBI – Camat wangi-wangi Selatan bersama pendamping lokal desa membuat draft Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) di Kecamatan Wangi-wangi. Pembuatan RPKDesa tahun 2018 bertujuan menyelaraskan dengan visi dan misi Kabupaten Wakatobi.

Ketika ditemui di kantornya, Camat Wangi-wangi selatan, Muh Salimudin mengatakan, tenaga pendamping lokal desa sudah dihimbau untuk menyusun jadwal pelaksanan pembuatan draft  RKPDesa.

“RKPDesa  merupakan salah satu bagian dari perencanaan desa yang merupakan amanah Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, yaitu Rencana Kerja Pembangunan Desa atau RKPDesa merupakan hasil musyawarah masyarakat desa tentang program dan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk periode 1 (satu) tahun,” ungkap Salimudin kepada Spirit Sultra. com, Selasa (28/11/2017).

Dikatakannya, salah satu hal yang harus dipahami desa, Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu dari 10  destinasi pariwisata di Indonesia.

“Pagelaran budaya harus ditonjolkan karena disamping mendukung visi miasi Kabupaten Wakatobi dan Kecamatan Wangi-wangi Selatan sebagai kecamatan yang religius yang berdaya saing juga harus mendukung visi bupati yang telah menempatkan 3 perioritas utama  pariwisata, perikanan dan perdagangan antar pulau” jelas Salimudin

Camat Wangi-wangi Selatan menambahkan, rancangan RKPDesa harus dibahas bersama Pemerintah Desa dengan Badan Permusyawaratan Desa, unsur masyarakat, unsur masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, perwakilan kelompok tani, perwakilan kelompok nelayan, perwakilan kelompok perempuan, perwakilan kelompok pemerhati dan pelindungan anak, dan perwakilan kelompok masyarakat miskin.

“RKPDesa menjadi acuan desa dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa  (APBDesa). Untuk itu, Kepala Desa harus menyelenggarakan musyawarah perencanaan pembangunan Desa untuk  menyempurnakan rancangan RKPDesa melalui pembahasan bersama,” tutupnya. (Colly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX