Kejelasan Plut Jadi Milik Pemda Wakatobi

Wakatobi – Pemerintah daerah(Pemda) Kabupaten Wakatobi akhirnya mendapat kejelasan status pusat layanan usaha terpadu (Plut) menjadi kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Wakatobi usai dilakukan serah terima pada Selasa (27/2/2018) di Kantor Plut Desa Kecamatan Wangi-Wangi Selatan.

Bertindak mewakili Kementrian dan UMKM RI oleh Deputi Bidang Resktrukturisasi Usaha, Ir.Abdul Kadir Damanik,MM dan pemda Wakatobi diwakili Wakil Bupati, Ilmiati Daud didampingi Sekretaris Daerah,Muhammad Ilyas Abibu dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Wakatobi, Drs.H. La Ode Boa.

Deputi Kementrian Koperasi dan UMKM RI ini menjelaskan proses usulan Pemda setempat setelah Bupati,H.Arhawi bermohon kepada Kementrian Koperasi dan UMKM RI usai merubah moment klatur organisasi perangkat Daerah (OPD) dari 24 menjadi 31 yang ada.

“Begitu kegiatan Plut ada maka tidak boleh ada aktifitas kantor lain sebab Plut Otonom sendiri hanya kasus Wakatobi di ijinkan karena dinasnya pecah. Kantor lama diambil perindag”, Sebut Deputi dihadapan Perwakilan Pemda setempat.

Menurut catatan plut Wakatobi berdiri pada medio 2014 dan sudah diresmikan secara Nasional hanya saja dalam prosesnya dikembangkan atas kerjasama pemda dan pihak Kementrian terutama menyiapkan lahan, fasilitas sementara Kementrian sebatas membantu pembangunan gedung fisik.

“Yang tadinya sentralistik jadi otonomi, di tingkat propinsi kanwil namanya dan di tingkat daerah kantor Koperasi. Kita luncurkan tahun 2013 tadinya kita merencanakan minimal 50 persen dan sampai saat ini baru realisasi 51 yang ada dan tahun ini ada 5 maka jadi 56 plut”, Urainya.

Ditingkat Propinsi di seluruh Indonesia telah ada 24 titik dan Sultra salah satunya. Sementara sebanyak 27 plut tingkat Kabupaten kota, di Sultra baru di Kabupaten Wakatobi.”Di daerah lain propinsi nya tidak ada hanya di Kabupaten”, Tambahnya.

Sementara pendamping oleh pusat hanya menyiapkan 5 orang tiap Kabupaten merupakan konsultan pendamping. Hanya saja aturan tersebut tidak kaku, daerah bisa membantu menyiapkan pendamping-pendamping tambahan loka termasuk jika daerah menyanggupi ada pimpinan kosultan pendamping ditempatkan didaerah.

“Pult ini dulunya jadi pusat pendampingan dan tentu konek dengan tugas dinas Koperasi, terutama perekrutan pendamping di danai pusat tidak sepenuhnya hanya berkisar 3-5 tahun”,Paparnya

Peliput : SDM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX