Di Wakatobi Memiliki Tradisi Kacang Jodoh

WAKATOBI – Tradisi kacang jodoh merupakan cara yang dilakukan oleh kaum muda-mudi saat bulan Ramadhan dan juga merupakan simbol silaturahmi dengan menjual kacang sangrai di halaman rumah dengan memakai meja, kursi dan lampu pelita.

Saat ditemui Sabtu (19/05/2018) salah seorang gadis, Webi penjual kacang jodoh di Kelurahan Wandoka, yang hendak ngobrol dengan La Ari salah seorang pemuda asal Kelurahan Mandati, ia mengatakan, seperti inilah kalau bulan Ramadhan saat selesai tarwih kami sudah siapkan meja, kursi, lampu pelita dan kacang yang sudah di sangrai di atas meja untuk menarik perhatian pemuda yang lewat. Tuturnya.

“Kacanh ini dijual dengan harga Rp.1000 per tujuh butir dan dalam satu malam bisa meraib keuntungan kurang lebih Rp.125.000. Ucapnya.

Di tempat yang sama, salah seorang pemuda, La Dani asal Kelurahan Mandati, mengaku nyaman saat berbincang dengan Webi. Menurutnya, untuk apalagi cari di tempat lain, kalau disini saya sudah terbiasa silaturahmi dengan Webi.

Ketgam : kanan Wauna, kiri Wa Riha- mantan penjuan kacang Jodoh tahun 90-an.

Hingga ditemui oleh awak media, Wauna (50) selaku orang tua Webi saat menjaga kiosnya, ia mengatakan, sejak tahun 1968 tradisi kacang jodoh ini sudah pernah kami lalui, waktu itu kami jual seharga Rp.100. Tuturnya.

“Dari tradisi kacang jodoh inilah, saya berjodoh dengan La Asri.”

 

Ketgam: Foto – Mirna penjual kacang jodoh desa wapia-pia saat melayani pembeli.

Menurut beberapa penjual kacang jodoh di Desa Waha seperti Mirna (19) menuturkan, tradisi ini hanyalah ajang pertemuan antara muda-mudi untuk menjalin kekerabatan satu sama lain.

“Kalau ada pemuda yang serius menjalin hubungan, bisa jadi sampai ke tahap pernikahan.” Ucap Mirna dengan rasa malu.

Pantauan awak media, hampir setiap rumah di Kepulauan Wangi-wangi di tongkrongi oleh pemuda-pemuda yang selesai tarwih dengan membeli kacang yang di jual oleh para gadis di halaman rumahnya masing-masing.

 

Peliput : Iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX