Pembukaan Festival Tukang Besi Pulau Binongko di Meriahkan Karnaval dan Aktrasi budaya

Wakatobi – Kegiatan festival tukang besi pulau Binongko dibuka Bupati yang wakili asisten III Bidang pemerintahan dan kesrah Drs. La Ode Saharumu, dihadiri wakil II DPRD Wakatobi, Anggota DPD RI Hamsina Bolu, Angota DPRD Kepulauan Riau, Camat binongko dan Togo binongko, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lingkup Kabupaten Wakatobi, tokoh adat serta meriahkan Karnaval dan aktrasi budaya.

Festival Pulau Tukang Besi dan Silamabi Digelar, Binongko Tunjukan Pesonanya. Festival Pulau Tulang Besi dan Silaturahmi masyarakat Binongko (Silamabi) dilapangan kecamatan togo binongko, kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, kamis (21/06/2018)

Dalam Festival yang digelar dipulau terujung wakatobi tersebut, menampilkan pesona yang patut dibanggakan. Berbagai macam kearifan lokal ditampilkan dalam ajang festival tahunan pemerintah daerah Wakatobi ini.

Ketgam : Tari Ngifi

Seni bela diri pencak silat, Tari Tradisional, Sarung hasil tenunan, Kuliner Tradisional, dan yang paling diandalkan dipulau Berbatu ini adalah pembuatan parang secara manual.

Ketgam : Akrasi Menggunakan pisau dan Kris.

Selain itu, Festival pulau tukang besi juga di rangkaikan dengan Silaturahmi masyarakat Binongko (SILAMABI) ke IV yang biasa diadakan tiga Tahun sekali untuk merangkul tali persaudaraan masyarakat binongko baik yang berada didalam maupun diluar daerah.

“hari ini adalah hari yang sangat bersejarah Bagi masyarakat binongko, karena begitu banyak masyarakat binongko yang berada di perantaun hadir ditengah-tengah kita” ujar Arifin, Camat Togo Binongko

“Silamabi Ke IV ini juga menunjukan bahwa Binongko tidak hanya memiliki nilai leluhur dan kearifan lokal melainkan juga dari segi sumber daya manusianya yang mampu bersaing diluar daerah” Harapnya

 

Peliput : Iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX