Festival Pulau Binongko Jadi Event Tahunan

Wakatobi – Festival Pulau Tukang Besi (Binongko) jadi kalender tetap pariwisata Wakatobi oleh Pemerintah Kabupaten Wakatobi yang digelar sekali dalam setahun. Hari ini,  Kamis (21/6/ 2018) di helat di Lapangan Kecamatan Togo Binongko dengan Tema Kegiatan Festival Pulau Tukang Besi dan Silamabi IV “Mengoptimalkan Nilai-nilai Religius Dalam Pembangunan Pariwisata Wakatobi”.

Bupati Wakatobi, Arhawi  dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III La Ode Sahrumu mengajak kepada Seluruh Masyarakat Wakatobi agar selalu menjaga ukhuwah islamiah dan silahturahim dalam meningkatkan solidaritas membangun Ekonomi, mental spritual keagamaan demi terwujudnya Kabupaten Wakatobi sebagai Kabupaten Maritim yang sejahtera dan berdaya saing.

Aktrasi Tarian adat,, tari hekulu-kulu dan Tari Balumpa

Kata dia, pulau Binongko telah menunjukan eksitensinya sebagai salah satu dari empat pulau besar dikabupaten Wakatobi yang senantiasa memegang teguh budaya maritim dengan ikon “Toekang Besi”.

“Bukan tanpa Alasan, ada seratusan bengkel-bengkel rakyat yang tersebar didesa atau kelurahan dipulau Binongko yang melakukan aktifitas memproduksi kerajinan berupa parang, pisau, dan souvenir lainnya yang bahan bakunya menggunakan Besi-Baja,” katanya.

“Pekerjaan rumah kita adalah bagaimana bengkel-bengkel rakyat ini bisa diubah, didesain menjadi industri-industri kreatif yang mandiri dan mensejahterakan serta menjadi salah satu objek wisata yang menjanjikan masa depan generasi Pulau Binongko” tambahnya

Menurutnya momen silahturahmi Akbar ini harus bisa melahirkan gagasan nyata antara pemerintah kabupaten wakatobi bersama masyarakat pulau Binongko yang hari ini datang dari seluruh penjuru Nusantara dengan ragam profesi.

“Tekad dan cita-cita besar ini harus diwujudkan bukan hanya menjadi diskusi dari ruang keruang namun lainnya namun kita harus memulai hari ini agar festival Pulau tukang Besi ditahun yang akan datang bisa menjadi layaknya Perkampungan Pandai Besi. Makna yang tersirat dari tema ini adalah Pulau Binongko harus dikemas menjadi wisata religi bagi wisatawan yang berkunjung” tutupnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX