Pesta Demokrasi Desa Telah Usai, Harapan Pendamping Desa

Wakatobi – Pesta Demokrasi di tingkat Desa Se-Kabupaten Wakatobi Telah Usai hari Minggu 15 Juli 2018. Untuk Dampingan Kami Kecamatan Wangi-Wangi Selatan ada Beberapa Desa yang juga turut melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yakini Desa Wungka, Desa Komala, Desa Numana, Desa Kapota, Desa Mola Utara dan Desa Mola Nelayan Bakti.

Pemilihan Kepala Desa tentu sebagai bagian dari Pelaksanaan UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa terutama yang di atur pada Bagian Ketiga Tentang Pemilihan Kepala Desa, dimulai dari Pasal 31 sampai Pasal 39 yang telah di terjemahkan secara terperinci pada Peraturan Mentri dalam Negri Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 112 tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Desa.

Satu hal yang patut diapresiasi adalah kerja sama berbagai pihak yang telah membuat Pemilihan Kepala Desa Berjalan dengan Damai dan Penuh Kekeluargaan, walau memang harus diakui bahwa ada beberapa Desa yang memiliki Dinamika yang sedikit bergejolak, akan tetapi semua masih dalam batas-batas kewajaran dan atas kerja sama seluruh komponen maka Pilkades bisa berjalan dengan lancar dan damai.

Tentu keterlibatan Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) Pendamping Desa Kecamatan Wangi-Wangi Selatan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh komponen yang terlibat menyukseskan Pilkades di Wilayah pendampingan Kecamatan Wangi-Wangi selatan.

Menurut Pedamping wilayah kecamatan wangi-wangi selatan Desa Hasriadin, S.Sos saat ditemui di Desa Kapota. Minggu (15/7/2018). Pendamping Desa Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Pula, menyampaikan Ucapan Selamat kepada yang telah diberi amanah oleh masyarakat Desa masing2 untuk menjadi Pemimpin di Desa sampai Enam Tahun Kedepan.

” Bagi yang belum berhasil, kami ingin menyampaikan bahwa itu adalah keberhasilan yang tertunda dan kita berharap bahwa stelah selesai Pilkades, baik yang menang maupun yang kalah, saling berangkulan untuk membangun Desa, karena kalau bukan kita sebagai masyarakat Desa, siapa lagi yang akan membangun Desa” Ungkapnya

Suasana Pemantauan PILDES, Kasi Intel Kajari, Kapolsek Wangi-Wangi dan Pj. Kades Numana

Dari enam Desa yang melakukan Pilkades dua Desa dimenangkan oleh Calon Incumbent, selebihnya adalah dimenangkan oleh calon2 baru yang semoga akan membawa hal-hal baru untuk pembangunan Desa.

” Pemberdayaan masyarakat Desa di wilayah Dampingan ,Melalui kesempatan ini, kami berharap bahwa para kades yang terpilih. kedepan dalam menjalankan roda pemerintahan di desa sebagaimana yang telah diamanatkan olh UU Desa, selalu berpedoman pada aturan yang mengikat pengelolaan pemerintahan Desa, Baik Peraturan Mentri Dalam Negri, Peraturan Mentri Desa PDTT, Peraturan Daerah maupun Peraturan Bupati. Harapnya

tentunya sebagai pendamping desa kecamatan wangi-wangi selatan sangat berharap bahwa kedepan tidak ada lagi kades di wilayah dampingan yang akan berurusan dengan pemeriksaan aparat penegak hukum.

” Indikasi lalai dalam menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat sebagai kades, terutama dalam pengelolaan keuangan desa sebagai pendamping desa menjadi salah satu indicator keberhasilan “Tidak” adanya Kepala Desa atau Perangkat Desa di Wilayah Dampingan Kami yang berurusan dengan Penegak Hukum, di luar indikator keberhasilan lain yang telah diatur dalam SOP Pendamping Desa. Tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX