Festival Rakyat Kabuenga Di Atas Laut Pertamakali Di Wakatobi

WAKATOBI – Ke tiga desa yang di Waha Raya yakni, Desa Waha, Desa Koroe Honowa dan Desa Wapia-pia, Kecamatan Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi menyelenggarakan ivent budaya kande-kandea dan kabuenga di atas laut yang akan berlangsung sehari pada Minggu 19 Agustus 2018.

Saat ditemui, Sabtu 11 Agustus 2018 di halaman Wungka Waha, ketua Panitia dan juga sebagai tokoh masyarakat Kabuenga Laut, La Isamu mengatakan, kabuenga merupakan kegiatan budaya dari dulu dengan ungkapan rasa syukur secara simbolis.

Kabuenga yang biasannya di selenggarakan secara saat ivent-ivent budaya, biasanya di darat dan diselingi dengan kande-kandea hingga pembacaan doa syukur. Kalau kabuenga di atas laut ini sedikit berbeda, karena kabuenga ini ditancap tiangnya di dasar laut dan ayunannya di atas laut.

Ketgam : Lokasi kabuenga di Pesisir Pantai Waha Raya

Terkhusus di festival kabuenga di atas laut merupakan bentuk rasa syukur bagi masyarakat setempat untuk melakukan ritual budaya Wakatobi agar seluruh masyarakat selalu diberikan keselamatan oleh Allah dan kita manusia harus saling menjaga lingkungan laut demi kenyamanan kita semua agar tidak mengalami hal-hal yang diluar nalar manusia. Paparnya.

“Ritual budaya dan kande-kandea dilakukan di darat, sedangkan kabuenganya di atas laut.” Tutupnya.

Di tempat yang sama, ketua koordinator Kabuenga Laut, menambahkan, kegiatan kabuenga ini merupakan kegiatan kebudayaan masyarakat Wakatobi khususnya di Waha Raya. Saya selaku ketua pelaksana, selain ritual keagamaan disamping itu ada kesan yang lebih menarik dan memiliki makna spiritual tersendiri.

Kabuenga itu bukan hanya di darat saja, melainkan di laut juga ada dan tahun ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya diselenggarakan di Wakatobi terkhusus di Waha Raya, Kecamatan Wangiwangi. Ucapnya.

Lanjutnya, Waha Raya ini terbagi dari tiga desa yaitu, Desa Waha, Desa Koroe Honowa dan Desa Wapia-pia yang sudah memiliki kelompok  sadar wisata mewakili ke tiga desa yang ada di Waha Raya untuk memfasilitasi seperti adanya kegiatan-kegiatan wisata maupun kebudayaan.

Kelompok sadar wisata sudah memiliki tempat khusus untuk menyelenggarakan festival rakyat seperti kabuenga laut dan pelaksanaannya tepat di depan pesisir Wungka Waha, tempat ini merupakan hasil kerjasama masyarakat yang ada di tiga desa ini untuk membangun lokasi wisata dan disini juga merupakan tempat pembinaan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan desa maupun pesisir.

Ia mengharapkan dukungan Pemerintah Wakatobi untuk sama-sama mensukseskan kegiatan kabuenga di atas laut dan ini merupakan ivent satu-satunya di Wakatobi, selain itu, jika terselenggara dengan baik, kegiatan ini menarik dan layak untuk masuk sebagai ivent nasional. Tutupnya.

Penulis: Iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX