18 Puskesmas Belum Terakreditasi Di Wakatobi

WAKATOBI – Sebanyak 20 Puskesmas di Kabupaten Wakatobi, dua puskesmas sudah terakreditasi secara Madya, yakni Puskesmas Usuku, Kecamatan Tomia Timur dan Puskesmas Popalia, Kecamatan Togo Binongko.

Dari 20 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Wakatobi yang belum memenuhi syarat akreditasi yakni, Puskesmas Binongko, Kelurahan Polahidu, puskesmas Taipabu, Kecamatan Binongko, puskesmas Wali, Kecamatan Togo Binongko, puskesmas Onemai, Waitii, Lamanggau, Kecamatan Tomia, puskesmas Runduma, Kulati, Kecamatan Tomia Timur, puskesmas Hoga, Kaledupa, Kecamatan Kaledupa, puskesmas Sandi, Tampara, Kecamatan Kaledupa Selatan, puskesmas Waetuno, Pongo, Kecamatan Wangiwangi, puskesmas Kapota, Mandati III dan puskesmas Liya, Kecamatan Wangiwangi Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Wakatobi, Muliaddin, SKM, M.Kes. mengatakan, tahun 2018 ini akan diperioritaskan sebanyak tujuh puskesmas segera terakreditasi sebelum masuk 2019 nanti. Ungkapnya.

Sebanyak 77 elemen penilaian sebagai bentuk persyaratan puskesmas yang harus dipenuhi untuk terakreditasi seperti ketersediaan peralatannya, SDM serta tenaga kesehatan lainnya.

Akreditasi puskesmas merupakan pengakuan terhadap setiap puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang sudah ditetapkan oleh Menteri setelah dinilai bahwa puskesmas telah
memenuhi standar untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan.

Saat ini masih tahap persiapan untuk melakukan peninjauan sekaligus pendampingan disetiap puskesmas  yang ada di Wakatobi supaya dipersipkan persyaratan yang sudah ditentukan.

“Tahun lalu kami target dua puskesmas, tahun ini tujuh puskesmas dan sisanya nanti menyusul di tahun depannya lagi.”

Kepala Puskesmas Usuku, Marlina Alini menyebutkan, puskesmas Usuku terakreditasi sejak November 2017 lalu yang dinilai oleh tim surveyer pusat dengan tiga item penilaian seperti Kelompok Kerja (Pokja) satu seperti administrasi, pokja dua seperti UKM dan pokja tiga tentang penanganan kesehatan.

Unsur tenaga kerja puskesmas terdiri dari dokter umum, perawat, dokter gigi dan bidan, dengan jumlah keseluruhan tenaga kerja sebanyak 33 PNS dan 30 honorer. Paparnya ketika dikonfirmasi melalui telepon. Senin 3 Sepetember 2018.

Penulis : La Ode

Editor : Iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX