KPU Wakatobi Merekrut 55 Relawan Demokrasi

WAKATOBI, spiritsultra.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Wakatobi, mengukuhkan sebanyak 55 orang sebagai relawan demokrasi dalam pemilihan umum tahun 2019, di pesanggrahan atau taman budaya Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Senin 28 Januari 2019.

Ketika ditemui dikantor KPUD Wakatobi melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas (Partisipasi Masyarakat) dan SDM, Rizal S.Sos., M.Si mengatakan, Harapan kami sebagai penyelenggara teknis agar bisa meningkatkan angka partisipasi dan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat di kabupaten wakatobi apalagi wilayah kita ini masuk dalam kategori wilayah sulit seperti pulau yang terpisah di empat pulau wakatobi.

“Relawan demokrasi yang kami kukuhkan Senin 28 Januari 2019 di pesanggrahan ini akan menyebar di seluruh wilayah kabupaten Wakatobi hingga pulau-pulau kecil lainnya.” Tuturnya.

Untuk relawan demokrasi yang akan menyebar di empat pulau yakni, Binongko delapan orang relawan, Tomia 12 relawan, Kaledupa 12 relawan dan Wangi-wangi  23 relawan yang akan memberikan soaialisasi kepada masyarakat dan seluruh relawan terbagi dalam 11 basis di antaranya komunitas, marginal, perempuan, keluarga, disabilitas, berkebutuhan khusus, pemula, warga internet, pemuda, keagamaan, dan relawan demokrasi.

“Pemilihan dan pengukuhan Relasi ini merupakan instruksi dari KPU Nasional yang bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilih.”

Harapan kami semoga para relawan bisa bekerja profesional dengan menjaga kode etik dan target di 2019 adalah mencapai 77,6 persen partisipasi masyarakat terhadap Pemilu.” katanya

Pemilih tahun 2014 lalu sebanyak 67,75 persen yakni, angka partisipasi pemilih laki-laki 60,74 persen dan partisipasi pemilih perempuan 74,5 persen.

Secara nasional maupun di kabupaten Wakatobi, angka yang diharapkan itu sebanyak 77,6 persen dengan harapan bisa melampaui dari target tersebut dan angka itu membutuhkan kerja keras kita semua dalam waktu tiga bulan untuk mencapai target angka 77,6 persen pemilih 2019. Tutupnya.

Penulis: La Ode

Editor : Iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX