Basarnas Kendari Adakan Simulasi Untuk Antisipasi Bencana

KENDARI, spiritsultra.com – Dalam rangka meningkatkan keamanan dan mengantisipasi terjadinya bencana, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari menyelenggarakan simulasi bencana alam di area hutan pegunungan Benu-benua, Kecamatan Kendari Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (27/2/2019).

Kepala Basarnas Kota Kendari, Djunaidi mengungkapkan kegiatan tersebut untuk melihat kesiapan tim SAR dan kesiapan Organisasi masyarakat dalam melaksanakan kesiapan operasi yang kami uji dalam artian kita latih sampai mereka memiliki kemampuan sehingga dapat memahami ketika melaksakan pertolongan khususnya di hutan serta diharuskan memahami manajemen Posko. Ucapnya ketika ditemui ditempat kegiatan simulasi. (27/2).

Simulasi, evakusasi korban segerah di berikan pertolongan. 

Lanjutnya ia mengatakan, manajemen Posko ini adalah salah satu ke giatan kita di Basarnas pada saat terjadi suatu kecelakaan ataupun musibah agar memudahkan pelayanan masyarakat demi mendapatkan informasi yang lebi jelas.

“Pelaksanaan kegiatan simulasi ini di laksanakan selama tujuh hari berturut-turut untuk pelatihan di lapangan dan pembahasan materi dan dan Pemerintah akan memberikan sertifikat piagam sebagai bentuk apresiasi dalam kegiatan yang telah mereka laksanakan,” paparnya.

Simulasi, usai pemberian pertolongan pertama akan di pindahkan ke tempat yang aman.

Pantauan spiritsultra.com di lapangan, kegiatan simulasi tersebut diikuti oleh tim gabungan yakni, tim SAR, TNI-Polri serta beberapa organisasi Masyarakat.

Laporan: Rudia

Editor : La ode

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX