Gubernur Sultra: Hari Peduli Sampah Nasional Perlu Adanya Peningkatan Kesadaran Lingkungan

WAKATOBI, spiritsultra.com – Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 yang dipusatkan di Wakatobi. Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menegaskan tentang adanya kesadaran serta pemantauan lebih lanjut disetiap Kabupaten/Kota untuk penanganan sampah berkelanjutan Koserta mengurangi pencemaran sampah plastik yang dikuatkan dengan adanya regulasi.

Dalam Undang-undang nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kualitas lingkungan serta menjadikan sampah sebagai sumber daya bagi pengelolanya.

Untuk itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi berharap, dengan adanya HPSN ini kita harus memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terhadap lingkungan yang bersih dan diharapkan seluruh pemerintah daerah melakukan kajian amdal serta upaya pemantauan lingkungan, salah satunya mengoptimalkan peraturan Gubernur nomor 86 tahun 2018 dengan pedoman pemberdayaan lingkungan. Paparnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi berpose bersama Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Sultra. Foto: La Ode

Ia mengatakan, perlu adanya kebijakan nyata bagi pemerintah disetiap daerah Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tenggara untuk membuat regulasi, peraturan serta instruksi untuk mengelolah maupun membatasi penggunaan sampah plastik, mengurangi timbunan sampah plastik dan mencegah terjadinya pencemaran mikro plastik di darat terlebihnya di laut. tegasnya saat memberikan sambutan. Kamis (10/3/2019).

Dalam sambutannya, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sultra, Haku Wahab menambahkan, HPSN merupakan agenda tahunan yang terus dilaksanakan dan ini merupakan yang ke empat kalinya dan tahun 2019 ini dilaksanakan di Kabupaten Wakatobi.

Dengan adanya HPSN yang terus digelar disetiap daerah, ia berharap, seluruh masyarakat terus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan karena ini membutuhkan kerjasama kita semua. Tutupnya.

Penulis : La Ode

Editor : Iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX