Peringati HPSN 2019 di Wakatobi, Angin Kencang Terbangkan Stand ke Laut

WAKATOBI, spiritsultra.com – Dua buah stand di pantai Marina, Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) diterbangkan angin hingga ke laut.

Pemerintah Kabupaten Wakatobi telah mempersiapkan launching (peluncuran) Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 sebagai paket kebijakan daerah, yakni penuntasan akses persampahan menyeluruh dan berkelanjutan yang sekaligus dirangkaikan dengan Festival panen sampah laut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wakatobi, Jaemuna mengungkapkan, sekitar pagi pukul 05.30 Wita, kami menerima laporan dari Pol PP bahwa ada beberapa stand diterbangkan angin hingga ke laut, tetapi kami langsung membenahi kembali.

“Ada angin kencang saat subuh, tenda-tenda dan stand ini roboh dan terlontar ke laut yang tidak bisa terelakan dengan adanya kondisi cuaca yang tidak memungkinkan saat ini,” ungkap Jaemuna. Ketika ditemui spiritsultra.com (10/3).

Lanjut Jaemuna menjelaskan, tinggal beberapa jam lagi dimulai karena pembukaan kegiatan HPSN 2019 segera dibuka pada pukul 03.00 dan kita harapkan saat kegiatan nanti seleuruh panitia pelaksana maupun Pol PP harus siap siaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada sebelumnya, persiapan kegiatan ini sudah kami mulai sejak Kamis 7 Maret 2019 dan saat hari ini, Minggu 10 Maret 2019, pukul 05.30 wita kami sudah mulai memperbaiki kerusakan dan terus membenahi yang masih kurang dan dipastikan pada siang nanti sudah tuntas. Ucapnya.

Perlu kami jelaskan bahwa, HPSN 2019 tingkat Provinsi yang dipusatkan di Kabupaten Wakatobi telah diberikan kepercayaan dalam hal penanganan sampah dan kegiatan ini akan dihadiri oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, seluruh Kepala Daerah se Sultra bersama Kepala Dinas Kabupaten/Kota. Paparnya.

Kegiatan HPSN 2019 juga, Jaemuna menambahkan, akan dirangkaikan dengan gerak jalan santai, senam, penandatanganan peraturan Bupati (Perbub) Wakatobi sebagai turunan dari peraturan daerah (Perda) persampahan Gerakan Wakatobi Bebas Sampah di darat dan di laut, juga ada pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat umum serta akan dibagikan berbagai hadiah door prize bagi peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, terangnya.

“Kami harapkan pada masyarakat Wakatobi untuk ikut berpartisipasi bersama atas kesuksesan acara yang dimaksud karena ini adalah sebagai momentum bagi kita semua untuk membangun kesadaran bahwa pentingnya daerah kita bebas dari sampah,” tutupnya.

Penulis: La Ode

Editor : Iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX