Wakatobi Jadi Tuan Rumah HPSN 2019 Bakal Dihadiri Seluruh Pemerintah se-Sultra

WAKATOBI, spiritsultra.com – Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN) 2019 akan digelar pada Minggu (10/3/2019) di Pantai Marina, Kecamatan Wangi-wangi, karena Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah dipilih menjadi tuan rumah.

HPSN 2019 tingkat Provinsi yang dipusatkan di Kabupaten Wakatobi telah diberikan kepercayaan dalam hal penanganan sampah dan kegiatan ini akan dihadiri oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, seluruh Kepala Daerah se Sultra bersama Kepala Dinas Kabupaten/Kota.

Bupati Wakatobi, Arhawi berharap kegiatan HPSN 2019 ini akan menjadi kesadaran kita semua terhadap sampah khususnya sampah plastik dan ada inovasi baru soal penanganan sampah. Ucapnya ketika ditemui, Kamis (7/3/2019).

Instruksi Bupati Wakatobi Akan Ada Inovasi Penanganan Sampah Plastik

Pada sebelumnya, saya selaku Pimpinan Daerah sudah menyampaikan kepada masyarakat melalui instruksi tertulis nomor 1 tahun 2018 tentang Pengurangan Sampah Plastik khususnya penggunaan wadah plastik pada kegiatan Pemerintahan.

Dengan adanya intruksi ini semoga sampah plastik lebih kurang digunakan karena daerah Wakatobi merupakan top destinasi pariwisata dan pada kegiatan HPSN 2019 ini juga kita semua berharap ada kesadaran yang khusus untuk menangani sampah plastik.

“Kita berharap masyarakat bisa bekerjasama untuk terus meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan,” pungkasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Jaemuna menambahkan, pada kegiatan HPSN 2019 jatuh pada Minggu 10 Maret 2019 akan di launching (peluncuran) sebagai paket kebijakan daerah yakni, penuntasan akses persampahan menyeluruh dan berkelanjutan yang sekaligus dirangkaikan dengan Festival panen sampah laut. Tuturnya.

Dan juga akan dirangkaikan dengan, gerak jalan santai, senam, penandatanganan peraturan Bupati (Perbub) Wakatobi sebagai turunan dari peraturan daerah (Perda) persampahan Gerakan Wakatobi Bebas Sampah di darat dan di laut, juga ada pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat umum serta akan dibagikan berbagai hadiah door prize bagi peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, terangnya.

“Kami harapkan pada masyarakat Wakatobi untuk ikut berpartisipasi bersama atas kesuksesan acara yang dimaksud karena ini adalah sebagai momentum bagi kita semua untuk membangun kesadaran bahwa pentingnya daerah kita bebas dari sampah,” pungkasnya.

Penulis: La Ode

Editor : Iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX