Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Wakatobi, Abdul Rahim memperlihatkan tanda tangan bentuk barcode. Foto: La Ode

Jelang Pemilu 2019, Capil Wakatobi Cetak 300 e-KTP Selama Dua Hari

WAKATOBI, spiritsultra.com – Selama dua hari pada bulan April 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), mencetak sebanyak 300 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) jelang Pemilihan Umum (Pemilu).

Dukcapil Wakatobi terus melakukan pelayanan prima dan juga menyiapkan stok balnko KTP-el sebanyak 3000 keping hingga hari pencoblosan pada 17 April 2019.

Kepala Dukcapil Wakatobi, Abdul Rahim mengatakan, selama dua hari ini pada bulan Maret 2019 pihaknya telah mencetak KTP-el hingga 300 keping menjelang hari Pemilu yang saat ini tinggal dua minggu lagi dan pihak kami juga akan terus melayani masyarakat hingga hari pencoblosan nanti. Bebernya ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/4/2019).

Kami melayani pengurusan dokumen KTP-el cukup tinggi. Tidak hanya di pulau Wangi-Wangi saja, pihak kami juga akan terus melakukan pelayanan secara langsung di empat pulau lainnya, yakni Binongko, Tomia hingga Runduma dan Kaledupa. Ucapnya.

Selain itu, ia berharap kepada masyarakat harus memanfaatkan hal ini. Apalagi KTP-el bukan hanya dibutuhkan pada saat pemilihan saja melainkan untuk seumur hidup. Tegasnya.

“Kita target 3.000 blanko ini habis sebelum pemilihann bahkan hari libur saja kita buka pelayanan. Kita berharap masyarakat segera mengurus segala dokumen pentingnya ke pihak kami,” pungkasnya.

Perludiketahui, Kadis Dukcapil, Abdul Rahim menambahkan, sejak satu April 2019 ini, Capil Wakatobi sudah berlakukan tanda tangan barcode untuk dokumen Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK).

“Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Dukcapil mengeluarkan terobosan Tanda tangan elektronik yang dibubuhkan berupa barcode yang akan sulit untuk dipalsukan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil.

Penulis: La Ode

Editor : Iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX