Tampak Kapal Yacht berlabuh di Boulevard Marina, Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi. Foto: La Ode

Pemda Telah Beri Kebebasan Mengeksplor Keindahan Wakatobi Kepada Peserta Sail Dari Berbagai Negara

WAKATOBI, spiritsultra.com – Sebanyak 60 Unit Kapal Yacht telah berada di Boulevard Marina, Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, sejak 22 hari yang lalu (Juli hingga Agustus) 2019.

Pemerintah Daerah (Pemda), Kabupaten Wakatobi, telah meniadakan jamuan khusus bagi peserta Wonderful Sail To Indonesia 2019. Agar para tamu dari berbagai negara mendapatkan kenyamanan saat mengeksplor wilayah Wakatobi.

Seperti yang diungkapkan oleh Wakil ketua II panitia Sail Wakatobi, Saleh Hanan (33) mengatakan, setiap tahun kita kedatangan peserta sail yang merupakan petualang untuk mengeksplor keindahan pulau sehingga diberi kebebasan. Tuturnya ketika ditemui spiritsultra.com, Rabu 14 Agustus 2019.

Kapal Yacht Berlayar di Perairan Kaledupa dan Tomia. Foto: La Ode

“Kalau tahun-tahun sebelumny berbeda. Dulu dijamu oleh pemda dan dibawa ke mana-mana menggunakan bus ke titik wisata, namun mereka kurang nyaman dan maunya sesuai kesukaannya.”

Di tahun 2019 ini, lanjut Saleh mengatakan, pemda Kabupaten Wakatobi mulai meniadakan jamuan tersebut dengan memberikan kebebasan kepada peserta sail untuk menentukan titik yang mereka kunjungi.

Pemerintah hanya menyediakan fasilitas pelabuhan, kemudahan mengurus administrasi di kantor imigrasi, pelayanan keamanan, dan kenyamanan.

Mereka nantinya akan pakai operator lokal dari paket wisata yang ditawarkan oleh komunitas pengelola pariwisata di wilayahnya masing-masing dan Pemerintah menjamin keamanan dan fasilitas standar.

“Nantinya juga mereka ada yang mau ke Benteng dan keliling Wangi-wangi memakai fasilitas masyarakat seperti motor, mobil rental, alat diving dan sebagainya.”

Sebanyak 60 unit kapal Yacht pada Sail 2019 ini kurang lebih dari 10 negara. Beberapa kapal Yacht sudah masuk di Wakatobi sejak 22 hari yang lalu.

Kapal Yacht yang berlabuh di Wakatobi saat ini sekitar 36 kapal dan tersebar di beberapa pulau yakni 10 kapal di Pulau Wangi-wangi, 10 kapal di pulau Hoga dan 6 kapal di pulau Tomia. Sementara yang sudah bertolak dari wakatobi sekitar 10 kapal, bebernya.

Kapal-kapal Yacht tersebut, ia menambahkan, tiba di Wakatobi dengan waktu yang tidak bersamaan. Ada yang datang dan ada yang pergi.

“Mereka ini star dari Selandia Baru menuju ke Indonesia dan singgah di salah satu pulau yang ada di Maluku Tenggara. Rata-rata yang ada disini ini adalah yang star dari Ambon dan Buru Selatan. Ada juga yang tidak singgah di Buru Selatan tapi langsung ke Wakatobi,” tutupnya.

Amatan spiritsultra.com saat menyebrang dari pulau Wangi-wangi menuju pulau Tomia dengan menumpangi speed Kie Raha. Saat diperjalanan, berpapasan dengan dua unit kapal dibagian perairan Kaledupa dan Tomia, Kamis 15 Agustus 2019, pukul 14.46 Wita. Diperkirakan kapal Yacht ini telah bertolak dari pulau Tomia.

Penulis: La Ode

Editor : Iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX