Tingkatkan Kewaspadaan Walikota Kendari Pimpin Upacara Pasukan Penanganan Bencana 2020

KENDARI, spiritsultra.com – Pelaksanaan apel kesiapsiagaan, Walikota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulkarnain, SE., ME. pimpin upacara pasukan penanganan bencana banjir 2020 dan didampingi Komandan Kodim 1417 Kendari, Kolonel Inf Alamsyah bersama Kapolres Kendari, AKBP Didik Erfianto SIK yang digelar di lapangan Kodim Kendari pada Rabu 08 Januari 2020.

Dalam pelaksanaan apel kesiapsiagaan, Walikota Kendari, Sulkarnain menyampaikan terkait bencana di wilayah kota Kendari pada rangkaian tugas kesiapan Pemerintah dalam menghadapi dan mengantisipasi cuaca ekstrim sesuai prediksi BMKG Sulawesi Tenggara dimungkinkan pada bulan Januari hingga april 2020.

Suasana Upacara Pasukan Penanganan Bencana Banjir

Hujan lebat yang berpotensi banjir, angin kencang berdampak pada tumbangnya pepohonan dan lainnya membuat masyarakat cemas akan dampak yang ditimbulkan terjadi kepanikan pada warga.

“Saya himbau agar masyarakat kota Kendari melalui Camat dan Lurah serta stakeholders terkait, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi curah hujan serta menjaga kebersihan lingkungan utamanya saluran air.”

Ada 10 titik kerawanan yang diwaspadai jika terjadi bencana banjir dalam kota Kendari seperti kali Wanggu, kali Lasolo, Kampung Salo dan beberapa tempat rawan banjir lainya, bebernya.

Tujuan dilakukan apel kesiapsiagaan merupakan bentuk untuk memastikan kesiapan pemerintah dalam menghadapi cuaca ekstrim pada tahun 2020 ini, ucap Dandim Alamsyah saat usai upacara.

“Personil yang disiapkan dalam penanganan bencana berjumlah sekitar 300 orang yang terdiri dari TNI, POLRI, Basarnas, BNPB, Dinas Kehutanan, Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup yang merupakan tim terpadu yang diinisiasi oleh Walikota Kendari,” paparnya.

Tim Penangan Bencana Banjir

Dandim Alamsyah menambahkan, posko bencana ditempatkan di kantor Kodim karena posisi sangat sentral berada diketinggian merupakan tempat yang sangat strategis penempatan logistik untuk mensuplai bantuan bilaterjadi bencana banjir, tutupnya.

Perlu diketahui, yang hadir dalam upacara tersebut, ketua DPRD kota Kendari, Kepala Basarnas Prov Sultra, kepala BNPB, Kasat Pol PP dan Kepala OPD lingkup Kota Kendari.

Penulis: Rudia

Editor  : La Ode

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX