Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa Mowundo Terus Digenjot.

KONUT, spiritsultra.com – Melalui Dana Desa (DD) yang termuat dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES), Mowundo, Kecamatan Melawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), guna percepatan pembangunan infrastruktur.

Desa Mowundo dikenal sebagai penghasil dibidang perikanan dan perkebunan serta memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup melimpah, terutama dibidang pertambangan.

Kepala Desa Mowundo, Adam Addad mengatakan bahwa pemerintah bersama masyarakat telah merencanakan untuk percepatan pembangunan dalam bidang Infrastruktur untuk memanfaatkan anggaran DD yang termuat dalam APBN di dalam peningkatkan kesejatraan masyarakat, ucapnya ketika ditemui spiritsultra.com. Selasa (14/1/20)

Drainase Dan Taluk Pemecah Gelombang

“Selaku pemerintah desa Mowundo sangat berterimakasih pada Pemerintah Daerah (Pemda) hingga dipemerintahan pusat telah mengucurkan APBN, sehingga masyarakat tidak ada lagi yang menyambung listri tetangga,” bebernya.

Maka dari itu, kata dia, anggaran pengadaan KWH atau satuan energi listrik, kami telah anggarkan di tahun 2019 lalu dan pada tahun 2020 ini tersisa pengerjaan rumah baru yang kami akan anggarkan untuk pengadaan KWH.

Rumah yang belum memiliki jamban, lanjut ia menjelaskan, melalui dana APBN, kami sudah membuatkan jamban keluarga guna menerapkan pola hidup sehat masyarakat dan rumah yang sudah layak huni, kami rehab mulai dari pondasi, dinding hingga atap.

“Dan pencairan terahir diporsikan untuk pengerjaan talud sebagai penahan ombak sepanjang 200 meter yang saat ini dalam tahap pengerjaan,” pungkasnya.

KWH Lampu Listrik Untuk Masyarakat Yang Tidak Mampu

Ditempat yang sama, Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) menambahkan, dari Dana APBN Desa Mowundo di tahun 2019 ini, telah disepakati bersama Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta masyarakat guna kesejahteraan desa dengan anggaran sebanyak Rp.800.170.330.

“Kegiatan tersebut merupakan perencanaan pembangunan yang termuat dalam APBDES.” Terangnya

Untuk lebih jelasnya, Pemberdayaan masyarakat yang kami adakan berdasarkan kebutuhan dan permintaan masyarakat, sehingga kami berani untuk menetapkan dalam penetapan anggaran di tahun 2019 lalu.

Laporan: Jamal

Editor    : La Ode

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX