Konorsium Mahasiswa Bersama Masyarakat Turun Kejalan Menuntut Tunggakan Pembebasan Lahan

KONUT, spiritsultra.com – Konsorsium Mahasiswa bersama masyarakat melakukan aksi di depan pintu PT. Virtu Dragon Nikel Industry (VDNI) di Kecamatan Morosi, menuntut terkait permasalahan pembebasan lahan jalan Voling dan jembatan yang di buat oleh PT. ABE belum di tuntaskan.

Beberapa gabungan lembaga di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan salah satunya adalah Konsorsium Mahasiswa bersama masyarakat menuntut agar PT. Konawe Putra Poripertindo (KKP) segera menuntaskan pembebasan lahan.

Sebagaimana yang di sampaikan Abdul Safar selaku Koordinator lapangan kepada awak media. Hari ini terjadi aksi untuk ke dua kalinya karena belum ada tindak lanjut dari pihak perusahaan yang bersangkutan dan hari ini kami tidak ingin ada janji lagi dengan pihak manapun. Ini harus ada kejelasan, tuturnya (29/1/20).

“Yang membuat jalan ini adalah PT. ABE dan sampai hari ini PT. KPP belum melunasi anggaran pembebasan lahan,” tegasnya.

Susana Aksi Menuntut Perusahan Terkait Agar Segerah Menuntaskan masalah lahan berjuang Tegang

Kami sangat menyayangkan tindakan hari ini, kami dihadang oleh premanisme dan saya dihantam dengan kayu balok. Pembangun mega industri nikel harusnya berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal, imbuhnya kepada spiritsultra.com.

Dalam press releasenya membeberkan lima Undang-Undang (UU) yakni, Undang-Undang 1945 Pasal 28 E ayat 3 tentang hak kebebasan berpendapat, Undang-Undang nomor 39 tahun1999 Pasal 19 ayat 2 tentang hak asasi manusia, kitab Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1243 tentang wanprestasi, kitab Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1754 dan kitab Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1320.

Dalam sebuah surat pengakuan utang nomor 002/X/KPP/2015 oleh PT. Konawe Putra Propertindo (PT. KPP) mengakui masih mempunyai sisa utang kepada PT. Andalniaga Boemih Energy (PT. ABE) sebesar Rp.4.500.000.000 (empat miliar lima ratus juta rupiah) yang dimana utang tersebut timbul sehubungan dengan proyek pengerjaan jalan yang dilakukan oleh PT. ABE di kawasan PT. KPP.

Penulis: Rudia

Editor : La Ode

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX