Pemda Konut Akan Resmikan Lima Pasar Rakyat Berdesain Moderen

KONUT, Spiritsultra.Com – Pembangunan lima pasar rakyat berdesain moderen di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) telah tuntas dikerjakan dan siap digunakan pada 2020 ini.

Sebanyak lima pasar itu tersebar di lima Kecamatan antara lain, Kecamatan Wawolesea, Molawe, Landawe, Oheo dan Andowia (wilayah ibu kota Wanggudu).

“Kami dari Pemerintah Daerah (Pemda) Konut tinggal menunggu dari pihak Kementarian Perdagangan (Kemenag) untuk meresmikan dalam waktu dekat ini,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Konut, Arifin Tomawa dikomfirmasi

Pasar Desain Modern Bisa di Gunakan

Pendirian tempat transaksi jual beli masyarakat itu sudah berlangsung sejak 2019 lalu dan Dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pusat dan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 dengan total anggaran keseluruhan mencapai miliyaran rupiah.

Sedangkan untuk fasilitasnya telah dilengkapi berbagai macam sarana dan prasarana yang memadai, seperti kantor, mushola, losmen kering, losmen basah, kios, Mandi Cuci Kakus (MCK) dan beberapa fasilitas lainnya, ucap mantan Asisten ll Konut ini. Rabu (11/3/20)

Kata dia, Pasar Rakyat Moderen di Kecamatan Molawe dan Wawolesea dibangun menggunakan anggaran APBN. Sedangkan yang di Kecamatan Landawe, Oheo dan Andowia menggunakan anggaran DAK dengan bangunan permanen dan berbahan berkualitas, bebernya.

Ruangan Pasar Rakyat Modern Siap Di Gunakan

Dia menambahkan, pendirian pasar rakyat moderen merupakan koordinasi dan kerjasama Pemda Konut ke pihak Kementerian sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat dibidang perdagangan, serta mendorong kemajuan pembanguan daerah.

“Ini adalah komitmen Pemerintah Konut untuk mendorong perkembangan daerah dan memajukan taraf hidup masyarakat agar lebih baik, sejahtera dan berdaya saing. Kita tidak bisa pungkiri peran pimpinan daerah sangat besar sehingga bantuan pendirian pasar rakyat ini bisa berada di konut dan terlaksana dengan baik,” tutupnya.

Penulis: Jamal
EditorĀ  : Iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX