Penumpang kapal Sabuk 44 langsung diperiksa di dermaga Usuku demi mengantisipasi penyebaran covid-19. Foto: La Ode/Spiritsultra.Com

286 Penumpang Kapal Sabuk Diperiksa Kesehatannya di Dermaga Usuku Terkait Corona.

WAKATOBI, spiritsultra.com – Kapal Sabuk Nusantara 44 tiba di perairan pelabuhan Usuku, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), penumpang yang turun diperiksa suhu tubuhnya, Sabtu 21 Maret 2020.

Terkait mengantisipasi corona, Camat Tomia Timur, La Ode Usra mengatakan, dalam rangka mengikuti instruksi presiden RI terkait covid-19 atau virus corona untuk selalu melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang mau berangkat maupun saat tiba.

Sesuai Protap (Prosedur tetap) Nasional, maka kami lakukan pemeriksaan kesehatan secara total, bersama tim dari Puskesmas Waitii Kecamatan Tomia, Puskesmas Usuku Kecamatan Tomia Timur, Syahbandar, TNI dan Polri.

Tampak suasana pemeriksaan kesehatan menggunakan alat termometer digital dari tim medis Puskesmas.

“Ratusan penumpang yang barusan tiba sekitar pukul 15.30 Wita, kami melakukan pemeriksaan langsung di dermaga Usuku untuk memastikan kesehatan para penumpang terkait virus,” tungkasnya.

Tim Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Usuku, Kecamatan Tomia Timur, melakukan pemeriksaan kesehatan mulai dari pemeriksaan suhu badan dengan alat termometer digital, menanyakan tanda dan gejala seperti demam, sakit menelan, batuk dan flu, ucap Asriana kepada spiritsultra.com di dermaga Usuku.

“Sekitar 20 orang lebih penumpang akan diperiksa lebih lanjut oleh dokter poli di Puskesmas, karena untuk standar suhu tubuh normal adalah 36,7 derajat celsius. Kalau suhunya 37 derajat hingga ke atas akan diperiksa lebih lanjut di Puskesmas demi mengantisipasi adanya virus,” bebernya.

Kepala Syahbandar Usuku, Jumain menambahkan, sesuai data penumpang kapal Sabuk Nusantara 44, sebanyak 286 penumpang yang turun di dermaga Usuku, langsung diperiksa kesehatannya oleh tim medis demi mencegah adanya covid-19, tuturnya.

Penulis: La Ode
Editor  : Iyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

WpCoderX