Event Festival Langkesi 2018 Pulau Runduma Sukses Digelar

WAKATOBI, spiritsultra.com – Masyarakat pulau Runduma, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) pertama kalinya menggelar Festival Langkesi Wakatobi 2018 yang dimulai sejak Kamis (1/11/2018) di desa Runduma.

Festival Langkesi memiliki arti orang yang sudah lama merantau harus pulang ke kampung halamannya untuk bertemu kembali dan memperkuat tali siraturahim sesama masyarakat Wakatobi khususnya pulau Runduma.

Ketika di konfirmasi melalui Whatsapnya, Ikbal mengatakan, masyarakat pulau Runduma sudah tiga kali ingin melaksanakan festival ini tetapi tahun 2018 ini alhamdulillah berjalan dengan sukses melalui dukungan masyarakat setempat dan masyarakat lainnya yang berada diperantauan. Tutur Ikbal yang merupakan salah satu Caleg DPRD Wakatobi periode 2019-2024 Dapil IV Tomia.

Ketgam : Suasana Makan bersama Festival Langkesi pulau Runduma Kabupaten Wakatobi.

Lanjutnya ia mengatakan, festival Langkesi tahun 2018 ini mengangkat beberapa tradisi lokal yakni, tarian tenun, tarian menganyam tikar, balumpa dan beberapa tarian lainnya yang diperagakan oleh siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan Sekolah Menegah Atas (SMA), Paparnya.

Langkesi mengangkat semua kearifan lokal seperti hadda'a atau makan bersama yang beratapkan daun kelapa dengan membentuk lingkaran seluas 100 meter, setelah selesai prosesi makan bersama, masyarakat harus mengikuti adat untuk tidak membuang tulang ikan disembarang tempat dan sisa makanan atau tulang di isi di dalam perahu untuk dihanyutkan ke laut.

Ketgam: Prosesi membuang sisa makanan di hanyutkan memakai kapal kecil berukuran satu meter dan di panjatkan doa syukur kepada Allah SWT

“Perahu itu memiliki ukuran satu meter yang merupakan simbol membuang dosa atau segala yang buruk lewat sisa makanan yang dihanyutkan lewat pearahu kecil tersebut,” Ucap Ikbal.

Harapan saya pada kegiatan ini, masyarakat tetap menjaga persaudaraan dan selalu menjaga kekayaan alam pulau Runduma dan kegiatan ini alhamdulillah terlaksana dengan baik atas kerja sama masyarakat Runduma.

Untuk tahun selanjutnya, kami harap Pemerintah Daerah bisa hadir bersama masyarakat Wakatobi khususnya pulau Runduma agar tetap mengedepankan silaturahim.

Festival Langkesi ini ada dua orang wisatawan mancanegara berasal dari Perancis yang ikut meramaikan bersama masyarakat Runduma. Saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat Runduma atas kerja kerasnya sudah mensukseskan Festival Langkesi 2018, pulau Runduma, Kabupaten Wakatobi. Tutupnya.

Penulis: Ali Hanafi

Tinggalkan Balasan