Desa Marombo di Konut Mendapat Bantuan Listrik Dari Kementerian BUMN

Konut, spiritsultra.com – Masyarakat desa Marombo, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara, yang selama ini minim akan penerangan listrik, kini sangat bersyukur sebab tahun 2018 lalu pemerintah pusat mengalokasikan anggaran jaringan listrik lewat kementerian BUMN untuk wilayah pelosok sebagaimana wacana pemerintah pusat nyatakan ‘Indonesia Terang’ masuk dalam skala priorita.

Masuknya Jaringan listrik di desa Marombo seiring dengan adanya program pemerintah pusat dalam mengalokasikan dana secara langsung kepemerintahan desa lewat Kementerian Desa tertinggal untuk di kelola secara langsung oleh masyarakat setempat sesuai dengan kebutuhan berdasarkan hasil rapat.

Pelaksana desa Marombo Suratno S.Hut mengatakan, anggaran Dana desa tahun 2019 ini kami menitih beratkan pada tiga Item pengalokasian dana, yaitu dalam bentuk pemberdayaan dua Item dan satu Item fisik.

“Untuk anggaran Dana desa tahun 2019 ini kami bagi tiga Item di mana dua Item pemberdayaan berupa pengadaan KWH.meter lengkap dengan Instalasi dan Rumah tidak layak huni,” bebernya saat ditemui dikediamannya, Rabu 13 Agustus 2019.

Sedangkan bentuk fisik berupa pekerjaan draenase. Untuk tahap awal anggaran 20% kami selesaikan 50% KWH.meter dari jumlah rumah warga dan anggaran pelatihan Siskeudes serta papan transparansi, sementara di tahap dua yang 40%, kami selesaikan pengadaan KWH.meter secara keseluruhan pada rumah warga.

Pengadaan ramuan rumah tidak layak huni sebanyak 19 unit, serta Bintek Peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa. itulah sasaran anggaran dana desa yang kami selesaikan, paparnya.

Kami utamakan di dua Item ini, tambahnya, sebab masyarakat sangat membutuhkan apalagi masalah penerangan, ini kita tidak pungkiri bahwa yang namanya listrik merupakan kebutuhan primer dalam rumah tangga, sementara untuk Item pembangunan fisik di pencairan 100% tahapan ketiga akan segera lakukan pekerjaan draenase, tutupnya.

Laporan: Rudia

Tinggalkan Balasan