Menunjang Kesuksesan Kemanusiaan : Dispermukim Luncurkan Program Kawanku

KONUT, SpiritSultra.ID – Menunjang kesuksesan Kemanusian Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dispermukim) meluncurkan Program KAWANKU (Kawasan Anti Kumuh).

Program Kawanku bertujuan untuk mempercepat pembangunan kawasan merupakan wujud kepedulian dan perhatian Pemda Konut melalui instansinya untuk mempercepat pengembangan strategi kawasan anti kumuh di wilayah itu, sehingga secara bertahap masyarakat memperoleh tempat tinggal yang baik dan layak.

Saat temui kadis Dispermukim AzisMuslim, S.Pi Menjelaskan kepada awak media di salah satu tenda Gugus Covid-19 Jum’at (19/6/20), Program Kawanku yang tersebar di 44 lokasi pada 13 Kecamatan dengan luas total sebesar 720,42 Hektar telah memenuhi syarat sesuai SK Bupati Nomor 397 tahun 2019 tentang Penetapan Lokasi perumahan Kumuh dan permukiman Kumuh.

” Merubah kawasan kumuh menjadi kawasan permukiman bersih, indah dan sehat. Kegiatan yang dilakukan meliputi pemetaan kawasan kumuh yang akan menjadi lokasi perubahan, perbaikan sanitasi, penyediaan sumber air bersih dan sarana kebersihan (MCK) dan bergotong royong dengan masyarakat dalam pelaksanaannya “, Ungkapnya

Menunjang kesuksesan program kemanusiaan itu, pihaknya melaksanakan dengan pola kemitraan terpadu bersama stakeholder seperti Bappeda, Dinas PUPR, Lingkungan Hidup, Kesehatan, Dinas Sosial, Kominfo, Pariwisata, BPKAD, Perikanan, Dinas PPPA, Bank Sultra, BRI, Tokoh Masyarakat, dan Karang Taruna.

” Program ini dilaksanakan dengan Pola Kemitraan Terpadu Stakeholder dan Masyarakat dalam Penanganan Kawasan Permukiman Kumuh, Inovasi yang dilakukan pelibatkan stakeholder dan masyarakat untuk memperindah tampilan gang-gang di kawasan kumuh, memperbaiki rumah warga, serta membenahi cat rumah warga yang sudah kelihatan kusam agar terwujud tampilan bersih dan unik di kawasan tersebut, serta pemasangan lampu-lampu jalan “, Terangnya

Ditempat yang sama Bupati Konut H. Ruksami menambahkan, dihasilkan dari ide kreatif untuk kemajuan daerah dan masyarakat memperoleh tempat tinggal yang layak Program ini merupakan implementasi proyek perubahan yang laksanakan sebagai peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tk. II Angk. IV di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) Makassar Tahun 2020 dari tanggal 9 Maret – 10 Juli 2020 fokus pada bantuan-bantuan rumah tidak layak huni bagi masyarakat kurang mampu di wilayah itu.

” Akan menjadi gagasan yang sangat baik, saya sangat apresiasi dan mendukung Program Kawanku juga singkron dengan visi KONASARA Konawe Utara Sejahtera dan Beradab dan berdaya saing serta bisa masyarakat mendapatkan rumah layak huni”, Tutupnya

Penulis : Rudia
Editor : La Ode

Tinggalkan Balasan