New Normal: Pemda Konut Gelar Simulasi dan Pembuatan Video Promosi Wisata Unggulan

KONUT, SpiritSultra.com – Sosialisasi Simulasi dan pembuatan video di Objek Wisata dalam suasana pandemik Covid-19 dalam wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Sabtu 6 Juni 2020.

Kegiatan sosialisasi dan simulasi tersebut merupakan perintah dari Kementerian dalam Negeri, dalam rangka menghadapi New-Normal. Agar di semua wilayah melakukan inovasi daerah, bahwa sejauh mana perkembangan atau strategi daerah tersebut dalam rangka melakukan pencegahan Covid-19.

Suasana Kegiatan Simulasi Sosialisasi Obyek Wisata Persiapan New-Normal

Dalam pembuatan video sosialisasi dan Simulasi strategi pencegahan Covid-19, Kementerian dalam Negeri menyiapkan tujuh sektor. Bupati Konut memilih sektor Wisata, sebagaimana yang di sampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Konut, Yaderianto, S.Ip saat di temui awak media.

“Menghadapi New-Normal, permandian air panas atau obyek wisata air Panas Wawolesea di Konut menjadi sasaran untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga menambah daya tarik wisatawan kedepannya,” ucapnya.

Suasana Penggunaan APD di Tengah Pandemi simulasi Obyek Wisata New-Normal

Dalam kegiatan simulasi ini, lanjutnya mengatakan, ada beberapa tahapan wisatawan atau pendatang, mulai dari kelengkapan administrasi pengunjung berupa Kartu Tanda Pengenal (KTP), surat keterangan kesehatan berupa rapid-tes, Wisatawan lokal khususnya Warga  Konut tidak wajibkan tampa Rapid-Tes dan diperbolehkan masuk. Bagi warga Asing  tentu harus memiliki tambahan pasport dan harus menggunakan masker.

Selain para pengunjung, pengelola tempat wisata harus di lengkapi sesuai dengan Prosedur Tetap (Protap) Kesehatan, serta memberikan pelayanan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) melalui fasilitas yang sudah di siapkan, seperti pengetesan suhu badan, penyemprotan Biologi Sel (Biosel) dan mencuci tangan, bebernya.

Simulasi Pengunjung Diwajibkan Agar Cuci Tangan Saat Masuk Obyek Wisata dan Saat Meninggalkan Obyek  akan

“Sebagaimana pemerintah Menteri dalam Negeri, dalam rangka menghadapi New-Normal merupakan tatanan kehidupan baru, Agar semua daerah melakukan Inovasi daerah. Sejauhmana Inovasinya dalam membuat strategi terutama dalam rangka melakukan pencegahan Covid-19,” tegasnya.

Pantaun spiritsultra.com, kegiatan simulasi di monitoring langsung oleh Bupati Konut, DR. Ir. H. Ruksamin, ST. M.Si., IPM. Eng dan dihadiri juga oleh TNI-POLRI, Danramil Lasolo, Kap.Edi, beserta anggota, Kasat Sabhara Polres Konut, Iptu. Pol. Ruslan Dahlan dan anggota, Pos AL Molawe, Letda Sugeng dan anggotanya dan jajaran Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD).

Penulis : Rudia
Editor    : La Ode

Tinggalkan Balasan