Puluhan Volunteer di Tomia Peringati Hari Lingkungan Hidup

WAKATOBI, Spiritsultra.com -Ditetapkannya tanggal 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global mengenai kondisi lingkungan. Dengan begitu, masyarakat diharapkan mampu mengambil atau mencetuskan tindakan positif demi melindungi lingkungan, alam sekitar, dan bumi sebagai planet yang dihuni.

Hal itu sangat sesuai karena adanya simbiosis yang saling berkaitan antara manusia dan lingkungan. Dimana kondisi lingkungan bergantung terhadap cara manusia mengelolanya dan kehidupan manusia juga bergantung pada kondisi lingkungan. Sehingga wajar jika manusia memiliki tugas untuk menjaga alam sekitar.

Beberapa generasi di pulau Tomia saat ini, perlahan memberikan tindakan positif terhadap lingkungan, salah satunya di pantai Huntete, desa Kulati, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Volunteer melakukan Pemilahan sampah di pantai Huntete. Foto: La Ode/spiritsultra.com, Jumat 5 Juni 2020.

Sebanyak 43 volunteer yang tergabung dari komunitas KATUTURA Art and Culture, Zona Literasi, Green Tomia Plastics Free, Liantabanga (Lintang), Kelompok Pencinta Alam (KPA) Tomia dan Balai Taman Nasional Wakatobi (Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Tomia dan Binongko) telah mensukseskan aksi bersih sampah palstik di pesisir.

Sitti Syahriatul Jannah merupakan salah satu anggota komunitas Zona Literasi sangat berterimakasih kepada teman-teman volunteer yang telah solid untuk aksi bersih sampah plastik di pesisir pantai Huntete. Semoga kegiatan seperti ini memberikan pemahaman dan kesadaran kita terhadap lingkungan yang lebih baik.

Ali Hanafi menambahkan, pada aksi peringati Hari Lingkungan Hidup, Jumat 5 Juni 2020. Kami berhasil mengumpulkan sampah plastik campuran sebanyak 300 Kg dari jenis sampah botol plastik, botol kaca, sendal, tali, styrofoam, kantung plastik dan gelas plastik.

“Kegiatan kami gelar di pantai huntete berdurasi dua jam. Semoga kegiatan seperti ini lebih meningkatkan solidaritas kita untuk menjaga lingkungan kita khususnya di pulau Tomia,” tutupnya.

Penulis: La Ode
EditorĀ  : Iyan

Tinggalkan Balasan